Peran Gereja dalam Mengatasi Permasalahan Dunia

A. Perang. Perang adalah persaingan yang tujuannya memenangkan diri atau pihak sendiri dan mengalahkan, merugikan atau menghancurkan pih...


A. Perang.

Perang adalah persaingan yang tujuannya memenangkan diri atau pihak sendiri dan mengalahkan, merugikan atau menghancurkan pihak lawan.  Semua perang selalu ada korban, selain korban menjadi tujuan, korban bisa juga merupakan dampaknya.

Perang terjadi karena alasan negative: arogansi untuk menguasai pihak lain (fisik, psikis, ekonomi, sosial, agama, dll). Positif: melepaskan diri dari kekuasaan pihak lain (melawan penjajah, penindasan, ketidak-adilan, dll).

 

B. Kemiskinan.

Miskin berarti situasi ketidak-berdayaan untuk hidup secara pantas dalam hal sandang, pangan dan papan. Miskin tampak dari situasi tidak memiliki atau  ketidakpunyaan.  Ketidakpunyaan ini bisa saja soal kemampuan ekonomi : tidak memiliki harta atau uang untuk mencapai hidup standar hidup.  Atau ketidakkeberdayaan sebagai manusia: misalnya pesimistis, apatis, egois, asocial, hopeless.

Penyebab Kemiskinan.

1.Kemiskinan bisa karena struktur yang tidak adil dan menindas. Orang kaya menguasai struktur untuk menguntungkan diri sendiri, misalnya : orang kaya membuka toko ritel yang besar, nyaman dan murah sehingga warung kecil langsung mati. Dan mereka diizinkan beroperasi oleh pemerintah.  Atau sekolah cenderung mahal sehingga menutup warga miskin untuk jadi maju, maka yang miskin selamanya tetap tidak maju karena tidak akan pernah bisa sekolah.  Sarana transportasi yang terputus, menghalangi warga desa untuk maju.

2. Atau karena diri sendiri : kemalasan, kebodohan, rendah diri dan takut, dihukum karena kriminal.

 

C.   Ketidakadilan Sosial.

Adil adalah  bahwa tiap orang hidup menurut haknya.  Bertindak adil adalah memberikan orang apa yang menjadi haknya.  Hidup secara adil berarti hidup berdasarkan batasan hak. Adil terhadap Negara, misalnya, rajin dan jujur membayar pajak. Adil terhadap sekolah, menaati aturan sekolah, termasuk membayar uang sekolah tepat waktu.

Maka bertindak tidak adil berarti mengambil  atau merampas atau mengabaikan hak orang lain atau diri sendiri. Ketidakadilan sosial berarti ada masyarakat yang haknya diabaikan, dirampas atau diambil. Masalah ini muncul karena struktur yang jelek. Struktur ini bisa saja menguntungkan orang lain, artinya hak mereka sangat diperhatikan, bahkan yang bukan menjadi hak mereka pun diberikan. Atau karena egoisme pribadi dan kelompok. Korupsi juga merupakan bentuk ketidakadilan sosial, seseorang atau kelompok mengambil apa yg bukan haknya sehingga separuh hak rakyat (orang lain) berkurang atau diabaikan.

 

D.  Perusakan Lingkungan.

Ada tiga sifat dasar manusia yang menyebabkan persoalan ini :

1.      Arogansi : manusia merasa berkuasa atas alam, dan boleh bertindak sesuka hatinya. Alam dianggap pelayan yang menyediakan semua kebutuhan manusia. Karena itu manusia bebas menebang hutan untuk mengambil kayunya, mengeruk gunung untuk mengambil kapurnya, melubangi bumi untuk mengambil batu mulia.

2.      Materialisme : Manusia berusaha makin kaya dan punya harta banyak. Maka alam dikeruk, hutan digundul untuk dijadikan area perumahan, agar pengembang makin kaya, sawah ditimbul lalu didirikan hotel atau supermarket, dll.

3.      Hedonisme : Apa gunanya emas? Bukankah itu hanya batu yang mengkilat? Emas adalah prestise, orang punya emas merasa diri sangat istimewa dan tampak kaya. Menjadi tampak kaya itu asyik dan nikmat.  Kenikmatan dan kemudahan hidup itu yang dihendaki manusia, kendaraan diciptakan untuk memudahkan manusia berpindah tempat. Kita tidak mau lagi bersusah-susah.

Akibatnya muncul masalah krusial : pemanasan global / Global warming yakni terjebaknya panas matahari dalam atmosfer. Atmosfer bumi yang sebelumnya adalah senyawa transparan yang dapat dilewati oleh panas matahari, kini menjadi pekat mirip selimut di sekitar bumi. Maka panas matahari yang masuk ke bumi sebagian besar tidak bisa keluar lagi. Selain karena produksi polusi makin meningkat, makhluk yang sebelumnya bertugas menghirup zat berbahaya (CO2, N2O, CH4, H2O, CFC), kita tebang,  tempat hidup mereka (hutan) dijadikan kota baru atau lahan perkebunan.

Akibatnya : Ekologi : terjadinya perubahan iklim yang drastic beberapa tahun terakhir, perubahan ini akan berdampak cuaca yang ekstrim : badai, hujan lebat penyebab banjir, longsor. Juga berakibat buruk pada daya tahan tumbuhan. Banyak tumbuhan pangan yang tidak kuat suhu panas sehingga gagal berbunga dan berbuah, demikian pula ganggang  tempat tinggal ikan kecil, alga. Kematian tumbuhan berakibat pada putusnya rantai makanan.

Sementara itu banyak virus yang makin pintar beradapati. Area mereka makin luas. Nyamuk yg dulu tinggal di daerah pesisir pantai kini juga ada di pegunungan yg dulunya dingin.   Sosial :  di suatu wilayah sudah terjadi kemarau panjang yang menyebabkan gagal panen. Di tempat lain terjadi curah hujan tinggi menyebabkan banjir, tanah longsor, sehingga pertanian gagal panen. Naiknya permukaan air laut menimbulkan gelombang pengunsian.  

 

E.  Perkembangan IPTEK.

Selain berdampak sangat positif pada kemajuan dan keberadaban manusia, IPTEK juga membawa perubahan sosial yang besar. Masyarakat bisa lebih egoistis dan asocial, nilai interpersonal memudar, muncul mental instan, sekat wilayah pribadi semakin kecil.


COMMENTS

Nama

Info Katolik,14,Katekese,71,Pendidikan Agama Katolik Kelas 10,21,Pendidikan Agama Katolik Kelas 11,14,Pendidikan Agama Katolik Kelas 12,10,Renungan Harian,78,
ltr
item
Iman Budi Pekerti: Peran Gereja dalam Mengatasi Permasalahan Dunia
Peran Gereja dalam Mengatasi Permasalahan Dunia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEFCaZQyPNmtEJyYNDu2IB_HTioiVnQJAjuLPK5PtlOhVwSloD4aEjtBY-VcmvuAI_0gyD3bP8NG9LVE9katRzqnvGdmyL__Z-G-_FMuQx7qvMR4I-lyqK8TApyif3LaJ0_zEoLmmv4jXj/s320/28.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEFCaZQyPNmtEJyYNDu2IB_HTioiVnQJAjuLPK5PtlOhVwSloD4aEjtBY-VcmvuAI_0gyD3bP8NG9LVE9katRzqnvGdmyL__Z-G-_FMuQx7qvMR4I-lyqK8TApyif3LaJ0_zEoLmmv4jXj/s72-c/28.png
Iman Budi Pekerti
https://www.imanbudipekerti.com/2020/07/gereja-dan-dunia-permasalahan.html
https://www.imanbudipekerti.com/
https://www.imanbudipekerti.com/
https://www.imanbudipekerti.com/2020/07/gereja-dan-dunia-permasalahan.html
true
5109731088758417862
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content