Kritis dan Bertanggungjawab di Era Revolusi Teknologi

Kemajuan pesat di bidang teknologi menuntut kita untuk beradaptasi sekaligus menggunakan teknologi secara kritis dan bertanggungjawab.



  1. Tiga revolusi besar yang pernah terjadi di dunia ini adalah revolusi agraris, revolusi industri, dan dan revolusi informasi.
  2. Revolusi informasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi media begitu terasa dalam hidup kita. Kita dibanjiri dengan informasi (baik dan buruk). Kemajuan tekhnologi tanpa disadari membawa kebudayaan baru.
  3. Kita perlu kritis terhadap semua informasi yang kita terima.

 

MACAM-MACAM MEDIA INFORMASI

Manusia modern banyak dipengaruhi oleh media informasi seperti: Pers, Radio, Televisi, Video, Internet.

Nasihat bijak dari para pemuka agama kalah bersaing dengan nilai-nilai atau pengaruh media massa.  Media massa  membawa budaya baru dengan dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya. Dua hal yang perlu kita lakukan adalah

1.      Mendidik dan membina masyarakat dan umat untuk bersikap kritis

2.  Melibatkan diri dalam budaya baru ini dan menciptakan peluang menjadikan sarana informasi untuk pewartaan dan penyebaran nilai-nilai yang baik. 

 

PERANAAN DAN PENGARUH MEDIA MASSA  BAGI MANUSIA

Pengaruh positif dari Media

ü  Pengaruh dari teknologi media:

  • Mendekatkan manusia satu dengan yang lain. Pertukaran ide, nilai-nilai kehidupan, pandangan serta relasi antar manusia menjadi lebih baik. 
  • Membuat kita terlibat pada peristiwa di belahan bumi yang lain.
  • Menyajikan mutu dan pola pemberitaan yang semakin menarik.
  • Menyajikan gambar dan suara yang lebih canggih seperti musik stereo, gambar tiga dimensi dll.

ü  Pengaruh dari pemilik atau sponsor media:

  • Dapat menciptakan perhatian dan keprihatinan umum tentang sebuah masalah di bumi seperti aids, narkotika, dll.
  • Media dapat menjadi sarana membentuk opini umum yang baik dan juga mendidik.  Bisa menjadi sarana untuk memperjuangkan keadilan, kebenaran, dan nilai-nilai kehidupan yang baik
  • Bisa menjadikan media sebagai sarana hiburan.

ü  Pengaruh yang tidak disadari:

·         Membentuk budaya/kebiasaan  baru.

·         Mengubah dan membentuk cara berpikir kita tentang hidup, kebudayaan, diri sendiri, dunia dll.

 

Pengaruh Negatif Media

ü  Pengaruh negatif yang disebabkan oleh tekhnologi media sendiri:

·     Media menjadi sarana untuk membangun kekuasaan. Yang berkuasa adalah yang mempunyai media.

·  Media bisa menciptakan budaya baru yang gemerlap, hura-hura. Budaya asli semakin tersingkirkan.

ü  Pengaruh negatif yang disebabkan oleh pemilik media:

· Media adalah bisnis. Perkembangan bisnis diberangi dengan penyebaran semangat materialisme, konsumerisme, hedonisme dll.

·  Bisa membangun persepsi yang salah tentang kesejahteraan. Misalnya; ukuran diri manusia sangat ditentukan oleh harta yang dimiikinya dan bukan dari kekuatan karakter dan dedikasinya, dll.

·    Lewat media, orang bisa mendefinisikan tentang kecantikan.

·   Bisa menjadi sarana untuk mencitakan sensasi seksual, yang menyebabkan kekerasan seksual.

·  Media bisa digunakan untuk menciptakan kekuasaan politis dan kepentingan bisnis dengan cara yang tidak benar.

ü  Pengaruh negatif yang tidak disengaja

·         Jadwal hidup dan kerja manusia menjadi berubah dan tidak teratur.

·         Intensitas komunikasi dalam keluarga menjadi berkurang.

·         Kecanduan dan keterlibatan pada kekerasan dan seks bebas.

 

MEMBANGUN SIKAP KRITIS DAN BERTANGGUNGJAWAB TERHADAP PENGARUH MEDIA

Secara singkat dapat dikatakan bahwa perkembangan media membawa dampak positif-konstruktif (membangun) dan negatif-destruktif (merusak). Kita dituntut untuk bersikap kritis, mandiri, kreati,f dan bertanggungjawab. Kritis berarti: tahu membedakan yang benar dan salah, yang baik dan buruk, yang berguna bagi kehidupan dan tidak berguna bagi kehidupan. Bersikap kritis sangat berkaitan dengan bersikap tanggungjawab. Kita bertanggungjawab untuk setiap sikap kritis kita yaitu setiap tindakan memilih yang kita lakukan. Bersikap mandiri berarti tidak menggantungkan seluruh keberadaan kita pada kemajuan dan perkembangan media. Bersikap kreatif berarti mampu menfaatkan setiap perkembangan media untuk sebuah tujuan yang baik.

Bersikap Kritis: belajar dari Yesus: Membaca Mrk. 2:23-28.

Media pada zaman Yesus sangat terbatas: buku atau taurat. Salah satu yang paling penting adalah  kitab taurat.  Kitab Taurat  mengatur seluruh sendi kehidupan manusia Yahudi. Namun  ahli kitab (taurat)  sering kali memanipulasi Kitab Taurat untuk kepentingan mereka. Yesus bersikap kritis dengan menafsirkan Taurat dengan cara yang berbeda dengan para ahli taurat. Bagi Yesus, Kitab Taurat harus ditafsirkan untuk keselamatan manusia. Itu artinya Hukum Taurat ditafsirkan dengan kacamata kasih.  Hukum Kasih berada di atas hukum yang lain.

Sikap kritis Yesus mempunyai relevansinya dengan sikap kita sekarang bahwa  bersikap  kritis harus mempunyai dasar dan pertimbangan sesuai dengan nilai-nilai moral yang berlaku universal/umum. Bagi orang Kristiani dasar dari  nilai-nilai dan tindakan moral adalah hukum cinta kasih.

Sikap Gereja terhadap media

Gereja Katolik secara khusus menyuarakan pandangannya tentang media dalam dekrit tentang Upaya-Upaya Komunikasi sosial , Inter Merfica: art. 9 dan 10. Himbauan Gereja secara ringkas dapat dirangkum dalam tiga poin berikut:

1.      Menampung segala informasi yang menjunjung nilai-nilai keutamaan dan menghindari informasi yang merusak nilai-nilai keutamaan.

2.      Kita perlu mengasah suara hati untuk bisa membedakan nilai-nilai yang ditawarkan media.

3.      Menggunakan media dengan penuh pengendalian diri.

 


COMMENTS

Nama

Info Katolik,14,Katekese,71,Pendidikan Agama Katolik Kelas 10,21,Pendidikan Agama Katolik Kelas 11,14,Pendidikan Agama Katolik Kelas 12,10,Renungan Harian,78,
ltr
item
Iman Budi Pekerti: Kritis dan Bertanggungjawab di Era Revolusi Teknologi
Kritis dan Bertanggungjawab di Era Revolusi Teknologi
Kemajuan pesat di bidang teknologi menuntut kita untuk beradaptasi sekaligus menggunakan teknologi secara kritis dan bertanggungjawab.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCAYySpx25x7wmadigTEW2moRwvDFDX9b98p8WeGk27E9-QOC0Bur6DkDXTdzqyfiDwXQTRERf2wEddHlARRIQb5Q0qZANmfS1e_DfszihazOvnXK8J0gLO9Iwx5mx3-gP0j_Cvt7vhTG8/s320/8.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCAYySpx25x7wmadigTEW2moRwvDFDX9b98p8WeGk27E9-QOC0Bur6DkDXTdzqyfiDwXQTRERf2wEddHlARRIQb5Q0qZANmfS1e_DfszihazOvnXK8J0gLO9Iwx5mx3-gP0j_Cvt7vhTG8/s72-c/8.png
Iman Budi Pekerti
https://www.imanbudipekerti.com/2020/07/kritis-dan-bertanggungjawab.html
https://www.imanbudipekerti.com/
https://www.imanbudipekerti.com/
https://www.imanbudipekerti.com/2020/07/kritis-dan-bertanggungjawab.html
true
5109731088758417862
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content