Tugas Gereja: Melayani (Diakonia)

GEREJA YANG MELAYANI  ( DIAKONIA)               Latar Belakang. Ciri cinta kasih gereja tampak sangat nyata dalam sikap utamanya yakni m...


GEREJA YANG MELAYANI  (DIAKONIA)              

Latar Belakang.

Ciri cinta kasih gereja tampak sangat nyata dalam sikap utamanya yakni melayani. Inilah salah satu pesan utama Yesus Kristus setelah Ekaristi pada malam perjamuan terakhir. Yesus menanggalkan jubah tuan-Nya, lalu mengikatkan kain lenan pada pinggangnya seperti yang dilakukan para pelayanan. Lalau mulailah dia melakukan pekerjaan para hamba : mencuci kaki murid-muridnya. Tentu saja murid tersentak kaget, Petrus dengan terang menolak. Tapi Yesus bilang kalau dia tidak mau dicuci kakinya maka tidak pantas menjadi murid-Nya, sebab semua murid-Nya harus melakukan hal serupa kepada sesamanya. (Yohanes  13: 1 – 20) Kisah penuh emosional ini sungguh menyentuh hati para Rasul, maka mereka semua bekerja sungguh-sungguh dalam pelayanan, menjadi hamba di antara para hamba. (Lukas 17:10) bahkan bersedia mati untuk itu. Mereka semua, kecuali Yohanes, memang akhirnya jadi martir demi Kristus.

Dasar Pelayanan dalam Gereja

Dasar pelayanan dalam Gereja adalah semangat pelayanan Kristus sendiri. Pelayanan Kristiani adalah sikap pokok para pengikut Yesus. Dengan kata lain, melayani sesama adalah tanggung jawab setiap orang Kristiani sebagai konsekuen dalam imannya.

Ciri-ciri Pelayanan Gereja

a. Bersikap sebagai pelayan.

Mereka tidak protes, mereka melakukan apapun HARUS (sanggup atau tidak, ikhlas atau terpaksa) dilakukan, siap untuk diperlakukan sebagai hamba yang tidak berguna yang hanya siap melaksanakan semua tugas. (Lukas 17:10)

b. Tetap Setia pada Kristus.

Melihat beratnya ciri pertama di atas, maka sangat penting untuk kita dekat dan bersatu pada Kristus sumber kekuatan. Dari-Nya kita akan mendapat penghiburan dan kekuatan untuk melaksanakan tugas yang sering melampui kemampuan kita sebagai manusia. Tuhan pun tahu, tugas para murid-Nya ini berat, maka Dia berjanji untuk berserta kita SELALU sampai akir zaman (Matius 28:20)

c. Sasaran utamanya terutama adalah kaum miskin – Option for the Poor.

Keadilan jangan berpihak kepada siapapun termasuk yang miskin, tapi pelayanan harus tetap mengutamakan kaum miskin, terpinggir dan tidak beruntung hidupnya. Pelayanan itu bukan saja karikatif – rumah sakit murah, memberi makan, tapi juga memberikan pendidikan agar mereka dapat mandiri dan juga mereformasi system politik agar membela hidup mereka.

d. Rendah Hati.                            

Ini adalah ciri utama pelayan. Seumur hidupnya dia harus tetap melihat dirinya sebagai pelayan (ciri nomor a di atas).  Pelayan boleh bangga, bersyukur dan kagum pada hasil kerjanya, tapi tidak boleh sombong. Untuk setiap hasil yang baik atau tidak, dia bersyukur sebab telah ikut ambil bagian dalam karya Allah. (Roma  15:17. Jadi dalam Kristus aku boleh bermegah tentang pelayananku bagi Allah).

Dalam Gereja ada Diakon yang punya tugas khusus untuk melayani. Namun semua umat dituntut untuk memiliki sikap melayani dalam pelbagai macam cara hidup mereka. Misalnya:

A. Di bidang Transformatif : kebudayaan dan pendidikan.

Gereja berusaha terus membangun peradaban manusia (trans – melewati dan form – bentuk), melewati jaman sambil terus memperkenalkan nilai-nilai kerajaan Allah. Jalan paling ampuh adalah lewat budaya dan pendidikan. Maka muncullah sekolah-sekolah Katolik, bukan untuk mengkatolikan tapi untuk membangun manusia yang beradap – memiliki cinta kasih dan rasionalitas baik. Di Indonesia banyak sekali pemikir dan budayawan Katolik yang berpengaruh. Misalnya, Rm. Drost SJRm. Mangunwijaya(sastrawan, budayawan dan pendidik), Rm. Sinduanta (wartawan, budayawan), Rm. Mudjisutrisno(budayawan dan pendidik), dan masih banyak yang lainnya. Di negeri ini Institusi Pendidikan Katolik selalu menjadi patokan kemajuan pendidikan Indonesia.

B. Di bidang Karikatif : kesejahteraan. (Charitas – kasih ; care – merawat)

Bidang ini meliputi pelayanan di bidang kesehatan, misalnya mendirikan rumah sakit atau klinik, atau lembaga-lembaga sosial ekonomi seperti koperasi Credit Union (CU). Misalnya, CU Melania di Bandung yang sudah beromset ratusan miliaran, tidak saja melayani umat gereja tapi terbuka kepada siapa saja yang mau ikut. Atau karya karikatif terhadap orang-orang jompo. Di bidang ini kita kenal Mather Teresadari Kalkuta, St. Damianus, dokter perawat kusta di kep. Molokai.

C. Di bidang Reformatif : bidang politik dan hukum  (reform : membentuk kembali)

      Peran gereja adalah menjaga tata dunia ini agar menyerupai dunia Kerajaan Allah yang penuh kasih, damai, sejahtera, adil, jujur dan benar. Tanpa kekerasan. Karena itu gereja mengutus para imam dan terutama para awam untuk menjadi garam dan terang dunia di dunia Politik dan Hukum. Mengapa kedua bidang ini, sebab politik dan hukumlah yang menguasai suatu bangsa.

      Pada bidang ini kita kenal Rm. Magnis Suseno (Penulis dan Pengajar Etika Politik), kini ada Ignatius Jonan di Kabinet Kerja Jokowi yang memajukan system Kreta Api Indonesia.

Perhatikan perbedaan berikut.

Pekerja

Pelayan

Orientasinya adalah uang

Oritentasinya Berkat

Bahagia jika jabatan / gaji naik.

Bahagia jika dirinya makin berarti untuk orang lain.

Kerja berdasarkan jam kerja.

Siap sedia kapan pun dibutuhkan.

Kemajuan perusahan / usaha berarti kesejahteraan pekerjanya.

Kebahagiaan orang lain berarti kemuliaan Tuhan dan kebagiaan batin pribadi.

Saya harus mendekati orang lain sebab saya membutuhkan mereka.

Saya mendekati mendekati orang lain sebab mereka membutuhkan saya.

Saya harus mendapatkan apa yang mereka punya.

Mereka harus mendapatkan apa yang saya punya.

 Harus selektif memilih patner atau sasaran pelanggan. Jauhi yang tidak berdaya / miskin.

Semua orang patut pendapat pelayanan, terutama yang tidak berdaya / miskin

 

 

 


COMMENTS

Nama

Info Katolik,14,Katekese,71,Pendidikan Agama Katolik Kelas 10,21,Pendidikan Agama Katolik Kelas 11,14,Pendidikan Agama Katolik Kelas 12,10,Renungan Harian,78,
ltr
item
Iman Budi Pekerti: Tugas Gereja: Melayani (Diakonia)
Tugas Gereja: Melayani (Diakonia)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjayc_IiVRYdTh_WMj_Dmyb1LLFCcEJbiI0_srcQvxpCrworg4YAsEJ73loSaHsr6g2NURxHtDKQkGPB_iJgI-QRQmDbBjaKRbL0bhQ8nDUnYVLvHXzCpDXgUPbiYnz03gvhKoLM800ESwW/s320/26.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjayc_IiVRYdTh_WMj_Dmyb1LLFCcEJbiI0_srcQvxpCrworg4YAsEJ73loSaHsr6g2NURxHtDKQkGPB_iJgI-QRQmDbBjaKRbL0bhQ8nDUnYVLvHXzCpDXgUPbiYnz03gvhKoLM800ESwW/s72-c/26.png
Iman Budi Pekerti
https://www.imanbudipekerti.com/2020/07/tugas-gereja-diakonia.html
https://www.imanbudipekerti.com/
https://www.imanbudipekerti.com/
https://www.imanbudipekerti.com/2020/07/tugas-gereja-diakonia.html
true
5109731088758417862
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content